Monday, February 7, 2011

Baadassssss! (Mario Van Peebles, 2003)

Melvin Van Peebles tak diragukan lagi adalah legenda hidup bagi dunia perfilman masyarakat Afrika-Amerika. Filmnya yang berjudul Sweet Sweetback’s Baadassssss Song! merupakan salah satu film legendaris yang mematahkan karakter stereotype tokoh kulit hitam pada perfilman Hollywood pada waktu itu. Dalam filmnya itu, Melvin juga berperan sebagai koboi yang berjuang melawan arogansi kulit putih. Film ini disebut - sebut sebagai landasan film blaxploitation dan juga batu tolak untuk para sineas dan aktor kulit hitam untuk masuk ke dalam dunia mainstream

Berbekal fakta itu, Mario Van Peebles, anaknya, membuat sebuah dokudrama tentang bagaimana beratnya perjuangan sang ayah dalam proses produksi film tersebut. Mario sendiri berperan sebagai Melvin, seorang sutradara yang baru saja meraih sukses dengan film komedi, Watermelon Man, dan ditawarkan untuk terus membuat film - film sejenis. Namun keresahan Melvin akan pandangan stereotype Hollywood terhadap tokoh kulit hitam membuat Melvin memutuskan keluar dan membuat film sendiri secara independen. Dibantu dengan teman hippienya, Bill Harris (Rain Wilson) dan  beberapa kru amatir dari perusahaan video porno, Melvin bertekad untuk membuat sejarah dan mengobarkan bendera perang terhadap Hollywood.

Baadassssss! merupakan proyek yang didedikasikan penuh kepada ayahnya. Dalam film ini, bisa kita lihat bagaimana proses perenungan sang ayah sebelum membuat karya legendarisnya itu sampai pada proses produksi dimana Melvin harus mengorbankan seluruh harta bendanya agar film itu bisa dicapai. Semuanya diperankan dengan emosional oleh Mario sendiri. Walupun begitu, salut untuk Mario yang bisa membuat film ini terasa obyektif dan tidak terlalu mengagung-agungkan sosok Melvin. Melvin van Peebles, dalam film ini, digambarkan sebagai seseorang dengan ego besar, yang mau mengorbankan apa saja agar filmnya bisa tercapai. Ia adalah sosok diktator, yang tidak segan - segan memecat dan bahkan menghantam siapa saja yang menghambat jalannya produksi. Ia bahkan “tega” untuk memasukkan anaknya sendiri, (Mario) ke dalam satu adegan dimana si anak harus beradegan sex.

Baadassssss! adalah film yang menarik. Bukan saja karena faktor - faktor eksternal semata, namun juga bagaimana Mario Van Peebles dapat menggambarkan secara detil karakter Melvin ke dalam film ini. Melvin digambarkan sebagai sosok yang menemukan impian hidupnya dan tidak ragu - ragu untuk mewujudkannya. Ia digambarkan sebagai sosok egois yang mengharapkan semua orang memiliki passion yang sama seperti dia, dan yang paling penting lagi, ia merasa sebagai pahlawan yang sedang bekerja untuk kaumnya sendiri, yaitu masyarakat etnis Afrika-Amerika. Dengan proses produksi yang memiliki begitu banyak masalah dari berbagai segi, Mario menggambarkan bagaimana frustasinya sang ayah dan keraguannya untuk meneruskan impiannya itu.

Sweet Sweetback’s Baadasssss Song mungkin bukan film yang baik secara estetika, namun film ini tetap harus mendapat tempat khusus di dalam sejarah perfilman dunia. Dalam Baadassssss!, Mario Van Peebles menceritakan kembali secara detil proses pembuatan sejarah itu,dan membuka mata penontonnya untuk semakin menghargai film tersebut. Karena itu, rasanya film ini sangat cocok ditonton oleh mereka yang berniat untuk terjun dalam dunia perfilman independen.







No comments:

Post a Comment