Wednesday, January 19, 2011

Deadly Prey (David A. Prior, 1987)



Jika anda sempat untuk mampir ke halaman film ini di IMDb, maka anda pasti akan kaget melihat begitu banyaknya komentar dan tret diskusi di halaman tersebut. Padahal, Deadly Prey sendiri muncul di tahun 1987 dan hanya beredar dalam bentuk video VHS saja, yang keberadaannya sekarang sudah langka. Apa yang menyebabkan film ini begitu istimewa ? 

Alur cerita film ini sebenarnya biasa saja, pada dasarnya Deadly Prey mengambil tema yang mirip dengan film klasik The Most Dangerous Game, dan kemudian mencampurkannya dengan kisah heroik ala Rambo. Film ini menceritakan tentang sebuah pasukan elit yang dipimpin oleh seorang veteran perang. Kegiatan pasukan ini sehari – harinya sungguh di luar akal sehat, mereka pergi ke jalan raya dan kemudian menculik pria secara acak untuk dibawa ke markas mereka. Pria tersebut kemudian disuruhnya berlari ke dalam hutan dan kemudian diburu oleh para pasukan tersebut. Acara perburuan tersebut merupakan program unggulan untuk melatih para pasukan tersebut agar dapat menjadi pasukan bersenjata yang tidak terkalahkan ,walaupun sekali lagi, jika dipikirkan dengan akal sehat, proses latihan ini tampaknya tidak efektif dan terkesan bodoh. Berbicara tentang bodoh, film ini memiliki banyak sekali elemen – elemen kebodohan yang akan membuat anda geleng – geleng kepala.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, jadi apa yang membuat film ini istimewa ? jawabnya adalah Mike Danton (Ted Prior), tokoh utama dalam film ini. Bekas pahlawan perang ini merupakan salah satu korban yang diculik dan dijadikan buruan sepanjang film ini. Namun, berbeda dari mangsa lainnya yang tidak berdaya menghadapi rentetan senjata, Mike Danton, sebaliknya, justru dapat mengalahkan satu batalion dengan hanya menggunakan tangan kosong saja. Mike Danton, yang merupakan perpaduan dari Mcgayver dan Rambo, sering melakukan aksi – aksi aneh bin ajaib yang sebenarnya, sekali lagi, di luar akal sehat. Dalam satu adegan, Mike Danton dengan hebatnya membunuh seorang pasukan, hanya dengan menggunakan 1 buah ranting kecil (!) saja. Selain itu, di salah satu adegan terbaik dalam film ini, Pria macho bertubuh kekar dengan rambut mullet keemasan ini menerjang seorang musuh yang terus menembaknya , namun secara ajaib tidak ada satu peluru pun yang kena, kemudian memotong tangan musuhnya tersebut dengan menggunakan golok, lalu menggunakan tangan tersebut untuk memukul si musuh hingga tewas, tidak hanya sampai di situ, Danton kemudian menguliti kepala musuhnya tersebut. Entah apa tujuannya, yang pasti adegan tersebut sangat melegenda sehingga videonya di youtube mencapai puluhan ribu hit. Salah satu adegan aneh lainnya adalah ketika Danton, yang kelaparan, mencoba untuk menggali tanah untuk mencari seekor cacing yang kemudian disantapnya dengan lahap, sebuah adegan yang amat konyol mengingat Danton baru beberapa jam saja berada di hutan tersebut.

Sampai saat ini, mungkin banyak yang tidak mengerti mengapa seseorang dapat membuat suatu karya yang luar biasa seperti ini. Entah apa yang dipikirkan oleh sang sutradara beserta kru – kru-nya pada waktu itu, yang pasti, film ini merupakan salah satu film aksi yang terkonyol yang pernah ada, walaupun ironisnya, sang sutradara tampaknya ingin membuat Deadly Prey sebagai suatu karya seni yang penuh dengan aksi dan adegan – adegan heroik.

No comments:

Post a Comment